Sekolah berasrama

Kita mengajarkan disiplin untuk giat, untuk bekerja, untuk kebaikan, bukan agar anak-anak menjadi loyo dan pasif.

Sekolah Berasrama

Pendidikan adalah usaha orang tua melalui guru (pendidik) untuk membimbing anak didik agar tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi manusia yaitu potensi jasmani dan rohani.

Pendidikan hendaknya mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak didik secara maksimal. Pengaruh negatif pada era globalisasi banyak ditemukan dilapangan yaitu adanya kenakalan remaja, pergaulan bebas dan tawuran antar pelajar. Oleh karena itu dunia pendidikan melakukan inovasi dan kreasi dengan menawarkan konsep Boarding School atau sekolah berasrama.

Boarding School atau sekolah berasrama adalah sebuah sistem pendidikan formal yang mengatur kegiatan peserta didiknya selama 24 jam sehari, dari bangun tidur hingga tidur kembali. Hal ini juga yang dikembangkan oleh SMK Best Agro 1, dengan harapan para orang tua yang memiliki kesibukan cukup padat lebih merasa tenang dan bangga terhadap anaknya yang memeiliki karakter lebih santun serta berprestasi baik dalam bidang pendidikan formal maupun bidang lainnya.

Kelebihan Sekolah Asrama Bagi Peserta didik dan Orang Tua:

Kelebihan Pertama adalah mampu menumbuhkan sifat-sifat positif bagi peserta didik seperti disiplin dan mandiri. Sekolah di Boarding School semua kegiatan telah diatur dari bangun tidur hingga tidur kembali. Bangun tidur harus tepat waktu, saat pergi ke masjid untuk shalat berjamaah serta saat berangkat ke sekolah. Oleh karena itu, tak heran peserta didik yang pernah tinggal di asrama akan memiliki sifat disiplin. Sementara kemandirian merupakan sebuah pondasi yang  harus dimiliki peserta didik supaya bisa bertahan di asrama. Kuncinya adalah menikmati apa yang ada karena pada dasarnya peserta didik  tidak akan tinggal selamanya di asrama. Ketika lulus nanti mereka akan kembali kepada orang tuanya. Cukup bersabar selama beberapa tahun saja. Kesabaran ini akan membuahkan kemandirian bagi peserta didik.

Kelebihan Kedua adalah pendidikan agama yang terjamin. Kegiatan yang diatur di sekolah tidak hanya urusan akademik saja. Kegiatan non akademik seperti ekstrakurikuler juga diatur, begitu pula kegiatan keagamaan terutama shalat lima waktu. Selain itu, jam pelajaran agama pun ditambah. Jika di sekolah umum jam pelajaran agama biasanya 2 jam/minggu maka di sekolah berasrama bisa mencapai 8 jam/minggu.

Kelebihan Ketiga adalah menghilangkan kekhawatiran orang tua terhadap pergaulan anaknya. Selama berada di asrama, peserta didik akan selalu diawasi setiap saat. Akan selalu ada guru yang melihat tingkah laku peserta didiknya. Oleh karena itu, orang tua tidak akan khawatir terhadap pergaulan anaknya karena orang tua bisa memantau tingkah laku anaknya dengan bertanya kepada gurunya.

Kelebihan Keempat adalah peserta didik tidak perlu menggunakan kendaraan ke sekolah dan orang tua tidak perlu mengantarkan anaknya ke sekolah.

Kelebihan Kelima, akan lebih mendidik peserta didik serta mencegah peserta didik dari pergaulan bebas yang tidak terkontrol seiring dengan semakin majunya teknologi di Indonesia. Peserta didik tidak akan terpengaruh dengan media sosial, situs-situs yang tidak baik dan game yang dapat membuat peserta didik menjadi kecanduan.

Kelebihan Keenam, Boarding School memberikan keuntungan antara lain akan membuat pribadi peserta didik yang lebih penyayang dengan teman-teman karena sikap senasib dan sepenanggungannya. Peserta didik juga akan lebih menghargai indahnya berkumpul dengan orang tua ketika jauh dengan orang tua.

Logo SMK Baru fix PNG2
Best Foundatio png2