PENILAIAN

A. Prinsip Dasar Penilaian

1.  Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara
komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran
(output) pembelajaran.

2. Penilaian hasil belajar dilakukan dalam bentuk penilaian autentik,
penilaian diri, penilaian proyek, ulangan harian, ulangan tengah semester,
ulangan akhir semester, ujian
Kompetensi Keahlian, ujian mutu
tingkat kompetensi, ujian sekolah, dan ujian nasional.

3.  Penilaian autentik dilakukan oleh guru secara berkelanjutan.

4.  Penilaian diri dilakukan oleh peserta didik untuk tiap kali sebelum
ulangan harian.

5.   Penilaian proyek dilakukan oleh pendidik untuk tiap akhir bab atau
tema pelajaran.

6.  Ulangan harian dilakukan oleh pendidik terintegrasi dengan proses
pembelajaran dalam bentuk ulangan atau penugasan. Ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester, dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan
pendidikan.

7. Ujian Kompetensi Keahlian dilakukan oleh
satuan pendidikan pada akhir kelas XII dilakukan melalui UN.

 

B.     Pelaksanaan Ulangan Harian

       Waktu dan teknis pelaksanaan

1.  Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk
menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar
(KD) atau lebih.

2.  Peserta didik  dapat  mengikuti 
ulangan  harian  bila 
telah  mengikuti   kegiatan pembelajaran pada Kompetensi Dasar
(KD) yang diujikan dengan syarat persentase kehadiran mengikuti kegiatan pembelajaran
pada KD yang diujikan minimal 85%,

3.   Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat
digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar
yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi,
kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/ kompetensi program, dan proses.

4.  Teknik dan Instrumen penilaian yang digunakan dalam pelaksanaan
ulangan harian meliputi 3 ranah yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan.

5.  Alokasi waktu  pelaksanaan  ulangan 
harian  ditentukan  oleh 
masing-masing  guru mata pelajaran
dengan mempertimbangkan jumlah butir soal dan tingkat kesukaran soal yang
diujikan.

 

C.     Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester

  Waktu dan teknis pelaksanaan

1.  Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah
melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah
semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada
periode tersebut.

2.  Peserta didik  berhak  mengikuti 
ulangan  tengah  semester 
bila  telah  mengikuti kegiatan pembelajaran minimal 85%
dari jumlah kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
.

3.  Bentuk soal yang diujikan dalam ulangan tengah semester dirancang oleh
masing- masing guru dalam bentuk uraian dan atau pilihan ganda dan harus
mengacu pada ketentuan yang berlaku dalam penyusunan naskah soal
.

4.   Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat
digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar
yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi
mata pelajaran/kompetensi muatan/ kompetensi program, dan proses.

5.  Alokasi waktu pelaksanaan ulangan tengah semester ditentukan oleh
masing-masing guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan jumlah butir soal dan
tingkat kesukaran soal yang diujikan.

 

D.      Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester

  Waktu dan teknis pelaksanaan

1. Ulangan akhir
semester
ganjil dilaksanakan oleh pendidik untuk mengukur
pencapaian  kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil
.

2. Cakupan
ulangan   akhir  semester
ganjil adalah   indikator   pada 
KD  semester   yang bersangkutan
.

3.   Pelaksanaan ulangan
akhir semester
ganjil dikoordinir oleh satuan pendidikan,

4.  Soal-soal yang
diujikan pada ulangan akhir semester
ganjil disusun secara
bersama-sama oleh guru mata pelajaran
.

5.   Penilaian hasil
belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan
posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan.
Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata
pelajaran/kompetensi muatan/ kompetensi program, dan proses.

6.      Alokasi waktu  dan 
jadwal  pelaksanaan  ulangan 
akhir  semester  ditentukan 
oleh sekolah dengan mempertimbangkan 
mata pelajaran, jumlah butir soal dan tingkat kesukaran soal yang
diujikan.

 

E.      Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester Genap (Kenaikan Kelas)

       Waktu dan teknis pelaksanaan

1. Ulangan akhir semester genap (kenaikan kelas) dilaksanakan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester
genap atau pada akhir tahun
ajaran.

2.  Cakupan materi   Ulangan   akhir semester genap (Kenaikan   Kelas)  
mencakup   seluruh   indikator  
pada Kompetensi Dasar yang telah dipelajari pada semester genap
.

3.  Ulangan akhir semester genap (kenaikan kelas) dilaksanaan secara
kolektif oleh sekolah yang  dikoordinir
oleh satuan pendidikan
.

4.  Soal-soal yang diujikan pada Ulangan akhir semester genap (kenaikan
kelas) disusun secara bersama-sama oleh guru mata pelajaran
.

5.   Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat
digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar
yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi,
kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/ kompetensi program, dan proses.

6.  Alokasi waktu  dan  jadwal  pelaksanaan  ulangan  umum semester genap (kenaikan kelas)  ditentukan  oleh sekolah dengan mempertimbangkan mata pelajaran, jumlah butir soal dan tingkat kesukaran soal yang diujika